Globalisasi
merupakan Pergeseran menuju ekonomi dunia yang lebih
terintegrasi dan saling tergantung
Dua komponen:
Dua komponen:
·
Globalisasi pasar
·
Globalisasi
produksi
Globalisasi
Pasar : Para
penggabungan dari pasar nasional jelas terpisah menjadi pasar global. Selera dan preferensi
menyatu ke sebuah norma global. Perusahaan menawarkan produk standar di seluruh dunia
menciptakan pasar dunia.
Perbedaan yang signifikan masih ada antara pasar nasional pada dimensi yang relevan,perbedaan ini mengharuskan strategi pemasaran dan operasi dan fitur produk disesuaikan terbaik sesuai dengan kondisi di suatu negara.
Globalisasi produksi : Mengacu pada sumber barang dan jasa dari lokasi di seluruh dunia untuk mengambil keuntungan dari perbedaan dalam biaya atau kualitas dari faktor-faktor produksi,yaitu
Perbedaan yang signifikan masih ada antara pasar nasional pada dimensi yang relevan,perbedaan ini mengharuskan strategi pemasaran dan operasi dan fitur produk disesuaikan terbaik sesuai dengan kondisi di suatu negara.
Globalisasi produksi : Mengacu pada sumber barang dan jasa dari lokasi di seluruh dunia untuk mengambil keuntungan dari perbedaan dalam biaya atau kualitas dari faktor-faktor produksi,yaitu
·
Buruh
·
Tanah
·
Modal
Bisnis
internasional yaitu
ü Bisnis Internasional adalah semua
transaksi bisnis yang melibatkan dua atau lebih negara.
ü Bisnis Internasional terdiri dari
sebagian besar dan berkembang dari total bisnis di dunia.
Perusahaan
Terlibat dalam Bisnis Internasional
A)
Untuk Perluas Penjualan: penjualan companie adalah tergantung pada dua
faktor: 'kepentingan dalam produk mereka atau jasa dan konsumen' konsumen
kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
B) Memperoleh Sumber: produk, layanan, teknologi, dan informasi
C) Diversifikasi Sumber Penjualan dan Perlengkapan
D) Meminimalkan Risiko kompetitif: perusahaan bergerak internasional untuk alasan defensif. Keuntungan dari satu pasar dapat digunakan untuk memperluas operasi di pasar lain.
Alasan untuk Pertumbuhan Bisnis terbaru Internasional
• Perluasan Teknologi:
• transportasi, telekomunikasi;
• Transportasi dan biaya telekomunikasi yang lebih kondusif untuk operasi internasional.
• Liberalisasi Cross-Border Gerakan:
• barang, jasa, tenaga kerja, Modal
• Pengembangan Kelembagaan Pendukung Pengaturan: pengembangan oleh bisnis dan pemerintah lembaga yang memungkinkan kita untuk secara efektif menerapkan teknologi itu.
• Peningkatan Persaingan Global:
• produk baru menjadi global; Globalisasi produksi
Mode Bisnis Internasional
B) Memperoleh Sumber: produk, layanan, teknologi, dan informasi
C) Diversifikasi Sumber Penjualan dan Perlengkapan
D) Meminimalkan Risiko kompetitif: perusahaan bergerak internasional untuk alasan defensif. Keuntungan dari satu pasar dapat digunakan untuk memperluas operasi di pasar lain.
Alasan untuk Pertumbuhan Bisnis terbaru Internasional
• Perluasan Teknologi:
• transportasi, telekomunikasi;
• Transportasi dan biaya telekomunikasi yang lebih kondusif untuk operasi internasional.
• Liberalisasi Cross-Border Gerakan:
• barang, jasa, tenaga kerja, Modal
• Pengembangan Kelembagaan Pendukung Pengaturan: pengembangan oleh bisnis dan pemerintah lembaga yang memungkinkan kita untuk secara efektif menerapkan teknologi itu.
• Peningkatan Persaingan Global:
• produk baru menjadi global; Globalisasi produksi
Mode Bisnis Internasional
A - Ekspor dan Impor Merchandise: tak terlihat dan invisibles
B - Kinerja Layanan: biaya, operasi turnkey; Kontrak manajemen
C - Penggunaan Aset: perjanjian lisensi, royalti, waralaba
D - Investasi:
1) Investasi Langsung Asing: memberikan investor sebuah Bunga mengendalikan di sebuah perusahaan asing. Ini memberikan akses ke:
- Pasar asing
- Sumber daya asing
- Lebih tinggi dari keuntungan ekspor
-Parsial kepemilikan
2) Portofolio Investasi: saham dalam sebuah perusahaan atau pinjaman kepada suatu perusahaan atau negara dalam bentuk obligasi, tagihan, atau catatan bahwa pembelian investor.
E - Definisi Operasional Lainnya
- Aliansi Strategis
F - perusahaan multinasional, MNEs, TNC, Perusahaan Global, Perusahaan multidomestiknya
Pengaruh Eksternal pada Bisnis Internasional
Memahami Manajer Fisik dan Sosial Lingkungan Hidup Perusahaan membutuhkan pengetahuan tentang operasi bisnis, Pengetahuan kerja ilmu politik, hukum, anthropoly, sosiologi, ekonomi, dan geografi.
Evolusi Strategi dalam Proses Internasionalisasi
A) Pola Ekspansi: pasif; eksternal untuk penanganan internal bisnis, terbatas pada mode operasi yang luas
B) Memperdalam modus Komitmen
C) Diversifikasi Geografis (latar belakang budaya yang sama)
D) lompatan Ekspansi: perusahaan mulai dengan fokus global.
Munculnya Lembaga global
Globalisasi telah
menciptakan kebutuhan institusi untuk membantu mengelola, mengatur dan polisi
pasar global
ü GAT
ü
WTO
ü IMF
ü Bank Dunia
ü PBB
Penurunan
Hambatan Perdagangan Globalisasi pasar dan
produksi telah difasilitasi oleh
- Pengurangan hambatan perdagangan
- Penghapusan pembatasan untuk investasi asing langsung
- Pengurangan hambatan perdagangan
- Penghapusan pembatasan untuk investasi asing langsung
Mengubah
Demografi Ekonomi Dunia
ü
Dunia output dan
perdagangan
ü Mengubah investasi asing langsung
ü Mengubah sifat perusahaan
multinasional
ü Mini perusahaan multinasional
ü Non perusahaan multinasional
ASl
Globalisasi
Debat-Pro
ü Turunkan harga barang dan jasa
ü Stimulasi Pertumbuhan
Ekonomi
ü Kenaikan pendapatan
konsumen
ü Menciptakan pekerjaan
ü Negara mengkhususkan diri dalam produksi
barang dan jasa yang diproduksi paling efisien
Globalisasi
Debat-Con
ü Menghancurkan pekerjaan
manufaktur di kaya, negara-negara maju
ü Tingkat pah pekerja tidak
terampil di negara-negara maju menurun
ü Perusahaan pindah ke negara-negara dengan
tenaga kerja lebih sedikit dan peraturan lingkungan
ü
Hilangnya kedaulatan