Kamis, 29 September 2011

BAB I BISNIS INTERNASIONAL


Globalisasi  merupakan  Pergeseran menuju ekonomi dunia yang lebih terintegrasi dan saling tergantung
 Dua komponen:
·          Globalisasi pasar
·          Globalisasi produksi

Globalisasi Pasar : Para penggabungan dari pasar nasional jelas terpisah menjadi pasar global. Selera dan preferensi menyatu ke sebuah norma global. Perusahaan menawarkan produk standar di seluruh dunia menciptakan pasar dunia.
 Perbedaan yang signifikan masih ada antara pasar nasional pada dimensi yang relevan,perbedaan ini mengharuskan strategi pemasaran dan operasi dan fitur produk disesuaikan terbaik sesuai dengan kondisi di suatu negara.
Globalisasi produksi  : Mengacu pada sumber barang dan jasa dari lokasi di seluruh dunia untuk mengambil keuntungan dari perbedaan dalam biaya atau kualitas dari faktor-faktor produksi,yaitu
·         Buruh
·         Tanah
·          Modal
Bisnis internasional  yaitu
ü  Bisnis Internasional adalah semua transaksi bisnis yang melibatkan dua atau lebih negara.
ü  Bisnis Internasional terdiri dari sebagian besar dan berkembang dari total bisnis di dunia.

Perusahaan Terlibat dalam Bisnis Internasional

A)     Untuk Perluas Penjualan: penjualan companie adalah tergantung pada dua faktor: 'kepentingan dalam produk mereka atau jasa dan konsumen' konsumen kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
B) Memperoleh Sumber: produk, layanan, teknologi, dan informasi
C) Diversifikasi Sumber Penjualan dan Perlengkapan
D) Meminimalkan Risiko kompetitif: perusahaan bergerak internasional untuk alasan defensif. Keuntungan dari satu pasar dapat digunakan untuk memperluas operasi di pasar lain.
Alasan untuk Pertumbuhan Bisnis terbaru Internasional
• Perluasan Teknologi:
• transportasi, telekomunikasi;
• Transportasi dan biaya telekomunikasi yang lebih kondusif untuk operasi internasional.
• Liberalisasi Cross-Border Gerakan:
• barang, jasa, tenaga kerja, Modal
• Pengembangan Kelembagaan Pendukung Pengaturan: pengembangan oleh bisnis dan pemerintah lembaga yang memungkinkan kita untuk secara efektif menerapkan teknologi itu.
• Peningkatan Persaingan Global:
• produk baru menjadi global; Globalisasi produksi

Mode Bisnis Internasional

A - Ekspor dan Impor Merchandise: tak terlihat dan invisibles
B - Kinerja Layanan: biaya, operasi turnkey; Kontrak manajemen
C - Penggunaan Aset: perjanjian lisensi, royalti, waralaba
D - Investasi:
1) Investasi Langsung Asing: memberikan investor sebuah Bunga mengendalikan di sebuah perusahaan asing. Ini memberikan akses ke:
- Pasar asing
- Sumber daya asing
- Lebih tinggi dari keuntungan ekspor
-Parsial kepemilikan
2) Portofolio Investasi: saham dalam sebuah perusahaan atau pinjaman kepada suatu perusahaan atau negara dalam bentuk obligasi, tagihan, atau catatan bahwa pembelian investor.
E - Definisi Operasional Lainnya
- Aliansi Strategis
F - perusahaan multinasional, MNEs, TNC, Perusahaan Global, Perusahaan multidomestiknya

Pengaruh Eksternal pada Bisnis Internasional

Memahami Manajer Fisik dan Sosial Lingkungan Hidup Perusahaan membutuhkan pengetahuan tentang operasi bisnis, Pengetahuan kerja ilmu politik, hukum, anthropoly, sosiologi, ekonomi, dan geografi.
Evolusi Strategi dalam Proses Internasionalisasi
A) Pola Ekspansi: pasif; eksternal untuk penanganan internal bisnis, terbatas pada mode operasi  yang  luas
B) Memperdalam modus Komitmen
C) Diversifikasi Geografis (latar belakang budaya yang sama)
D) lompatan Ekspansi: perusahaan mulai dengan fokus global.

Munculnya Lembaga global

Globalisasi telah menciptakan kebutuhan institusi untuk membantu mengelola, mengatur dan polisi pasar global
 
ü  GAT
ü   WTO
ü  IMF
ü   Bank Dunia
ü   PBB
Penurunan Hambatan Perdagangan  Globalisasi pasar dan produksi telah difasilitasi oleh
- Pengurangan hambatan perdagangan
- Penghapusan pembatasan untuk investasi asing langsung

Mengubah Demografi Ekonomi Dunia
ü  Dunia output dan perdagangan
ü  Mengubah investasi asing langsung
ü   Mengubah sifat perusahaan multinasional
ü  Mini perusahaan multinasional
ü   Non perusahaan multinasional ASl

Globalisasi Debat-Pro
ü  Turunkan harga barang dan jasa
ü   Stimulasi Pertumbuhan Ekonomi
ü   Kenaikan pendapatan konsumen
ü   Menciptakan pekerjaan
ü   Negara mengkhususkan diri dalam produksi barang dan jasa yang diproduksi paling efisien

Globalisasi Debat-Con
 
ü  Menghancurkan pekerjaan manufaktur di kaya, negara-negara maju
ü   Tingkat pah pekerja tidak terampil di negara-negara maju menurun
ü   Perusahaan pindah ke negara-negara dengan tenaga kerja lebih sedikit dan peraturan lingkungan
ü   Hilangnya kedaulatan

Kamis, 15 September 2011

NO.18


18. Pengaruh tekhnologi terhadap bisnis
Pada saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat, orang awam pun menyebutnya sebagai era HiTech atau NewTech, begitupun dengan Information & Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang dengan cepatnya, kadang kita belum mengetahui sistem yang baru, sudah muncul lagi sistem yang lebih baru. Tentunya sebagai konsekuensi logis dari era globalisasi dan liberalisasi yang dipicu dan dipengaruhi oleh perubahan teknologi yang kontinyu dan sangat cepat tersebut, maka dunia bisnis dihadapkan pada suatu persaingan yang sangat tajam. eknologi informasi merupakan alat atau tool dalam sebuah sistem informasi yang dibangun dalam suatu bisnis.

Salah satu contoh adalah bidang persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi ini menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya. Yang kemudian jika dilihat lebih mendalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk dan atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan dengan pesaing bisnisnya atau menciptakan produk yang berbeda atau unik yang tidak dapat diproduksi oleh pesaing.

Sehingga penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan terutama dalam pemasaran produk atau jasa.

Contoh bisnis dengan menggunakan teknologi
1.              Bisnis online yang ada pada media media di jejaring sosial.
2.              Industri besar yang membutuhkan mesin - mesin dengan teknologi tinggi.
3.              Industri rumah sakit. Dan obat obatan.

NO.17

17.  Lingkungan global adalah suatu proses kegiatan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang dan jasa.
Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat. Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif, sebaliknya juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik.

NO.12


12. Tugas manajer SDM mengelola unsur manusia melalui potensi yang dimilikinya  seefektif mungkin sehingga diperoleh SDM yang puas dan memuaskan organisasi.

NO.10


10.      Tugas manajer operasi :

·      Pengambil keputusan dalam manajemen operasi berkaitan erat dengan jangka waktu perencanaan. Perencanaan dapat dibagi dalam tiga kelompok yaitu : perencanaan jangka panjang, jangka menengah, jangka pendek.
·      Menetapkan teknik-yeknik sehingga proses dapat dipergunakan secara efektif. Jasa yang berhubungan dengan pengetahuan dan tekhnologi untuk menjamin berlangsungnya proses produksi
·      Pengawasan kinerja, kualitas, serta program. Pengawasan ini berguna untuk membandingkan antara rencana dengan kenyataannya, sehingga apabila terjadi penyimpangan, maka akan segera dilakukannya koreksi sebelum produk ataupun jasa dikeluarkan dri pabrik untuk dipasarkan.