Kamis, 29 September 2011

BAB I BISNIS INTERNASIONAL


Globalisasi  merupakan  Pergeseran menuju ekonomi dunia yang lebih terintegrasi dan saling tergantung
 Dua komponen:
·          Globalisasi pasar
·          Globalisasi produksi

Globalisasi Pasar : Para penggabungan dari pasar nasional jelas terpisah menjadi pasar global. Selera dan preferensi menyatu ke sebuah norma global. Perusahaan menawarkan produk standar di seluruh dunia menciptakan pasar dunia.
 Perbedaan yang signifikan masih ada antara pasar nasional pada dimensi yang relevan,perbedaan ini mengharuskan strategi pemasaran dan operasi dan fitur produk disesuaikan terbaik sesuai dengan kondisi di suatu negara.
Globalisasi produksi  : Mengacu pada sumber barang dan jasa dari lokasi di seluruh dunia untuk mengambil keuntungan dari perbedaan dalam biaya atau kualitas dari faktor-faktor produksi,yaitu
·         Buruh
·         Tanah
·          Modal
Bisnis internasional  yaitu
ü  Bisnis Internasional adalah semua transaksi bisnis yang melibatkan dua atau lebih negara.
ü  Bisnis Internasional terdiri dari sebagian besar dan berkembang dari total bisnis di dunia.

Perusahaan Terlibat dalam Bisnis Internasional

A)     Untuk Perluas Penjualan: penjualan companie adalah tergantung pada dua faktor: 'kepentingan dalam produk mereka atau jasa dan konsumen' konsumen kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
B) Memperoleh Sumber: produk, layanan, teknologi, dan informasi
C) Diversifikasi Sumber Penjualan dan Perlengkapan
D) Meminimalkan Risiko kompetitif: perusahaan bergerak internasional untuk alasan defensif. Keuntungan dari satu pasar dapat digunakan untuk memperluas operasi di pasar lain.
Alasan untuk Pertumbuhan Bisnis terbaru Internasional
• Perluasan Teknologi:
• transportasi, telekomunikasi;
• Transportasi dan biaya telekomunikasi yang lebih kondusif untuk operasi internasional.
• Liberalisasi Cross-Border Gerakan:
• barang, jasa, tenaga kerja, Modal
• Pengembangan Kelembagaan Pendukung Pengaturan: pengembangan oleh bisnis dan pemerintah lembaga yang memungkinkan kita untuk secara efektif menerapkan teknologi itu.
• Peningkatan Persaingan Global:
• produk baru menjadi global; Globalisasi produksi

Mode Bisnis Internasional

A - Ekspor dan Impor Merchandise: tak terlihat dan invisibles
B - Kinerja Layanan: biaya, operasi turnkey; Kontrak manajemen
C - Penggunaan Aset: perjanjian lisensi, royalti, waralaba
D - Investasi:
1) Investasi Langsung Asing: memberikan investor sebuah Bunga mengendalikan di sebuah perusahaan asing. Ini memberikan akses ke:
- Pasar asing
- Sumber daya asing
- Lebih tinggi dari keuntungan ekspor
-Parsial kepemilikan
2) Portofolio Investasi: saham dalam sebuah perusahaan atau pinjaman kepada suatu perusahaan atau negara dalam bentuk obligasi, tagihan, atau catatan bahwa pembelian investor.
E - Definisi Operasional Lainnya
- Aliansi Strategis
F - perusahaan multinasional, MNEs, TNC, Perusahaan Global, Perusahaan multidomestiknya

Pengaruh Eksternal pada Bisnis Internasional

Memahami Manajer Fisik dan Sosial Lingkungan Hidup Perusahaan membutuhkan pengetahuan tentang operasi bisnis, Pengetahuan kerja ilmu politik, hukum, anthropoly, sosiologi, ekonomi, dan geografi.
Evolusi Strategi dalam Proses Internasionalisasi
A) Pola Ekspansi: pasif; eksternal untuk penanganan internal bisnis, terbatas pada mode operasi  yang  luas
B) Memperdalam modus Komitmen
C) Diversifikasi Geografis (latar belakang budaya yang sama)
D) lompatan Ekspansi: perusahaan mulai dengan fokus global.

Munculnya Lembaga global

Globalisasi telah menciptakan kebutuhan institusi untuk membantu mengelola, mengatur dan polisi pasar global
 
ü  GAT
ü   WTO
ü  IMF
ü   Bank Dunia
ü   PBB
Penurunan Hambatan Perdagangan  Globalisasi pasar dan produksi telah difasilitasi oleh
- Pengurangan hambatan perdagangan
- Penghapusan pembatasan untuk investasi asing langsung

Mengubah Demografi Ekonomi Dunia
ü  Dunia output dan perdagangan
ü  Mengubah investasi asing langsung
ü   Mengubah sifat perusahaan multinasional
ü  Mini perusahaan multinasional
ü   Non perusahaan multinasional ASl

Globalisasi Debat-Pro
ü  Turunkan harga barang dan jasa
ü   Stimulasi Pertumbuhan Ekonomi
ü   Kenaikan pendapatan konsumen
ü   Menciptakan pekerjaan
ü   Negara mengkhususkan diri dalam produksi barang dan jasa yang diproduksi paling efisien

Globalisasi Debat-Con
 
ü  Menghancurkan pekerjaan manufaktur di kaya, negara-negara maju
ü   Tingkat pah pekerja tidak terampil di negara-negara maju menurun
ü   Perusahaan pindah ke negara-negara dengan tenaga kerja lebih sedikit dan peraturan lingkungan
ü   Hilangnya kedaulatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar