4.
Manajemen Operasional adalah kegiatan untuk menciptakan
nilai produk baik berupa barang maupun jasa melalui proses transformasi input
menjadi output.
berlaku untuk
berbagai macam produsen barang seperti elektronik, garmen, otomotif, demikian
pula berlaku juga bagi produsen jasa seperti media masa, hiburan, pendidikan,
konsultan.
Implementasi
Manajemen operasi dapat diterapkan diberbagai jenis organisasi, misalnya
industri manufaktur, perkebunan, rumah sakit, perhotelan atau perbankan.
Manajemen operasi diperlukan dalam pengaturan tata letak bangunan, ruang, mesin
atau pun peralatan; dalam menentukan cara kerja dan waktu standar untuk suatu
tugas; pengembangan desain produk; pendistribusian hasil produk; berbagai
kegiatan operasi yang lain.
Struktur dasar dan unsur manajemen operasi untuk semua jenis
perusahaan sama, namun tingkat kepentingan unsur unsur bisa berbeda tergantung
pada jenis perusahaan yang bersangkutan. Misalnya perencanaan tata letak yang
diperlukan dalam restoran, sekolah tapi terasa sangat penting bagi perusahaan
manufaktur, terutama dalam pengaturan mesin dan peralatan produksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar