Kamis, 15 September 2011

NO.9


4.      Manajemen Operasional adalah kegiatan untuk menciptakan nilai produk baik berupa barang maupun jasa melalui proses transformasi input menjadi output.
berlaku untuk berbagai macam produsen barang seperti elektronik, garmen, otomotif, demikian pula berlaku juga bagi produsen jasa seperti media masa, hiburan, pendidikan, konsultan.
Implementasi Manajemen operasi dapat diterapkan diberbagai jenis organisasi, misalnya industri manufaktur, perkebunan, rumah sakit, perhotelan atau perbankan. Manajemen operasi diperlukan dalam pengaturan tata letak bangunan, ruang, mesin atau pun peralatan; dalam menentukan cara kerja dan waktu standar untuk suatu tugas; pengembangan desain produk; pendistribusian hasil produk; berbagai kegiatan operasi yang lain.
Struktur dasar dan unsur manajemen operasi untuk semua jenis perusahaan sama, namun tingkat kepentingan unsur unsur bisa berbeda tergantung pada jenis perusahaan yang bersangkutan. Misalnya perencanaan tata letak yang diperlukan dalam restoran, sekolah tapi terasa sangat penting bagi perusahaan manufaktur, terutama dalam pengaturan mesin dan peralatan produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar